EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS MATERI KEWAJIBAN BERDAKWAH DI KELAS XII IIK 1 MAN 3 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Abstract

Kata Kunci : Efektivitas, video pembelajaranThe purpose of this study was to determine the increase in student online learning outcomes during the pandemic in Al Qur'an Hadith subjects in MAN 3 Banjarmasin through the use of instructional videos. This research method uses a two-cycle Classroom Action Research with steps, namely planning, implementing action, observation and reflection. The subjects of this study were students of class XII IIK 1 at MAN 3 Banjarmasin academic year 2020/2021 semester 1 (one), totaling 36 students, consisting of 10 male students and 26 female students. The data collected is the result of the observation of the implementation of learning and the test of learning outcomes. The data analysis used descriptive quantitative techniques. The results showed that the learning outcomes with classical completeness in the first and second cycle meetings were an average of 69.72% for the written test and 71.11% for the practical test. Cycle II reaches an average of 100%. The data obtained show that the use of instructional videos can improve students' online learning outcomes in the subject of Al Qur'an Hadith on the material of the obligation to preach. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil  belajar online siswa di masa pandemi pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits  di MAN 3 Banjarmasin melalui penggunaan video pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dua siklus dengan langkah-langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IIK 1 pada MAN 3 Banjarmasin tahun pelajaran 2020/2021 semester 1 (satu) yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Data yang dikumpulkan adalah hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menyebutkan bahwa hasil belajar dengan ketuntasan klasikal siklus I pertemuan pertama dan kedua rata-rata 69,72 % untuk tes tertulis dan 71,11% untuk tes praktik. Siklus II mencapai rata-rata 100 % , Data-data yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran dapat meningkatkan hasil   belajar online siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits pada materi kewajiban berdakwah.