Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan

Abstract

Pemikiran John Dewey dalam bidang pendidikan banyak mengilhami para pemikir dan praktisi pendidikan modern dewasa ini, terlepas dari berbagai pemikiran kontroversial Dewey yang mengundang Pro dan Kontra. Dalam menampilkan berbagai gagasanya juga, Dewey senantiasa mengemukakan alasan-alasan rasional yang sangat argumetatif.Reputasi internasionalnya terletak dalam sumbangan pikirannya terhadap filsafat pendidikan “ Progressivisme Amerika “. Dewey tidak hanya berpengaruh dalam kalangan filsafat profesional, tetapi juga karena perkembangan idenya yang fundamental dalam bidang ekonomi, hukum, antropologi, teori politik dan psikologi.Pengalaman (experience) adalah salah satu kunci dalam filsafat instrumentalisme. Filsafat instrumentalisme Dewey dibangun berdasarkan asumsi bahwa pengetahuan berpangkal dari pengalaman-pengalaman dan bergerak kembali menuju pengalaman. Pandangan Dewey mengenai pendidikan tumbuh bersamaan dengan kerjanya di laboratorium sekolah untuk anak-anak di University of Chicago.