PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KELAYAN BANJARMASIN

Abstract

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang bisa digunakan untuk menyalurkan pesan atau informasi sehingga dapat merangsang pikiran, perhatian, dan minat siswa untuk belajar dan mudah dalam memahami pelajaran. Hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kelayan Banjarmasin cukup baik namun belum optimal karena terbatas pada media-media yang sudah ada saja seperti buku pelajaran dan papan tulis, media-media elektonik belum tersedia sepenuhnya. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media pembelajaran fiqih tersebut adalah latar belakang pendidikan guru, pengalaman mengajar, pendidikan dan pelatihan/training profesi keguruan, dan fasilitas. Kata Kunci: Media, Pembelajaran, dan Fiqh