PENDIDIKAN HOLISTIK DALAM ISLAM (STUDI TERHADAP IQ, EQ, DAN SQ)

Abstract

Makalah ini mengangkat tentang pendidikan holistik dalam Islam, yaitu studi terhadap IQ (Intellegent Quotient atau kecerdasan intelektual), EQ (Emotional Quotient atau kecerdasan emosional), dan SQ (Spiritual Quotient atau kecerdasan spiritual) dalam Islam. Paradigma pendidikan holistik adalah cara memandang pendidikan yang menyeluruh bukan merupakan bagian yang parsial, terbatas, dan kaku. Paradigma pendidikan holistik ini tentu dapat dipandang sejalan dengan pandangan dunia pendidikan Islam. Sentuhan al-Qur’an dan al-Hadits yang begitu halus dan gamblang terhadap akal, qalbu, dan fuad sebagai pusat IQ, EQ, dan SQ menunjukkan bahwa Islam memberikan apresiasi yang sama terhadap ketiga sistem kecerdasan tersebut. Hubungan ketiganya dapat dikatakan saling membutuhkan dan melengkapi. Karena Islam memberikan penekanan yang sama terhadap " hablun min Allah " dan "hablun min al-naas ", sehingga dapat diyakini bahwa keseimbangan IQ, EQ dan SQ merupakan substansi dari ajaran Islam