EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ALQURAN PADA MAN PELAIHARI
Abstract
Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa tujuan pembelajaran pendidikan Alquran (BTA) agar siswa memiliki kemampuan membaca dan menulis Alquran dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid, maka diperlukan keefektivitasan pembelajaran agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan Alquran pada MAN Pelaihari sudah cukup efektif. Hal ini dapat dilihat variabel yang mendukung yaitu kemampuan guru MAN Pelaihari yang cukup bagus dalam menerapkan metode pembelajaran pendidikan Alquran (BTA), kemampuan siswa dalam membaca Alquran ada 71 orang yang mendapat nilai amat baik dengan interval nilai (80,00-94,90) berada pada kategori efektif (63,40%), dan kemampuan siswa menulis Alquran (surah-surah pendek) ada 65 orang yang mendapat nilai baik (65,00-79,90) berada pada kategori cukup efektif (58,03%). Kata kunci: Efektivitas pembelajaran pendidikan Alquran.