KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA ALQURAN PADA SMP NEGERI 1 BAKARANGAN KABUPATEN TAPIN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan dalam Membaca Alquran pada peserta didik SMP Negeri 1 Bakarangan, karena membaca Alquran itu tidak saja menjadi amal dan ibadah tetapi juga sebagai obat dan penawar bagi orang yang gelisah hatinya.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan mengambil subjek dan objek penelitian, subjek penelitian adalah siswa kelas IX D di SMP Negeri 1 Bakarangan. Melalui pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif, untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data menggunakan editting, dan klasifikasi data. penelitian ini menghasilkan temuan-temuan yaitu : dari hasil wawancara guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Baca Tulis Alquran tersebut sebelum melakukan pengajaran ada hal-hal yang perlu dipersiapkan seperti, buku pembelajaran dan menyiapkan format penilaian apabila melakukan praktik membaca Alquran. Kemudian penulis melakukan observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca Alquran pada SMP Negeri 1 Bakarangan sudah masuk kategori cukup. Meski ada beberapa hal kekurangan dalam membaca Alquran tersebut.Berdasarkan  hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa tingkat kemampuan peserta didik kelas IX D di SMP Negeri 1 Bakarangan dalam membaca Alquran termasuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata (mean) 74,6. Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Membaca Alquran dan SMP Negeri 1 Bakarangan