PERKEMBANGAN MADRASAH DI KOTA BANJARMASIN (SEBUAH TINJAUAN HISTORIS DARI TAHUN 2010-2014)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan madrasah di Kota Banjarmasin dari tahun 2010–2014, yang diringkas dari hasil penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif-kualitatif. Ada 15 buah madrasah yang dikaji, tersebar pada empat kecamatan, yang bervariasi jenjang (MI, MTs, MA), status (Negeri dan Swasta), organisasi pembinanya (NU dan Muhammadiyah), dan keberadaan lokasinya (satu atap dan tersendiri). Pengumpulan datanya menggunakan kuestioner, wawancara, observasi dan dokumenter. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan madrasah di kota Banjarmasin selama lima tahun terakhir tidak mengalami perubahan yang berarti. Perkembangan SDM, sarana dan prasarana madrasah masih kurang stabil. Walaupun kelulusan UAN siswanya telah mencapai 100 %, tetapi nilai rata-ratanya belum mendekati nilai kelulusan maksimal. Perkembangan guru dan tenaga kependidikan secara kuantitas agak mengalami stagnasi, tetapi secara kualitas cukup membanggakan. Mayoritas gurunya adalah lulusan S1 dan S2, kecuali pada madrasah swasta di mana masih terdapat guru lulusan SLTA dan Diploma.Kata kunci: madrasah, perkembangan, SDM, sarana dan prasarana