PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) problematika yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Arab berbasis daring; 2) pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab berbasis daring dan 3) solusi yang ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab berbasis daring selama masa pandemi covid-19 di MTsN 1 Kendari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini berlangsung di MTsN 1 Kendari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menjukkan bahwa: 1) problematika yang dihadapi dalam pembelajaran Bahasa Arab berbasis daring di kelas VIII di MTsN 1 Kendari antara lain; kurangnya penguasaan teknologi informasi, keterbatasan sumber daya pendukung dalam pemanfaatan teknologi seperti kualitas jaringan dan paket data,.perbedaan karakteristik siswa dalam mengikuti pembelajaran daring dan kendala dalam mengembangkan kemampuan Bahasa Arab Siswa yang mencakup kemampuan membaca, mendengarkan menulis dan penguasaan kosa kata (mufradat); 2) pembelajaran Bahasa Arab berbasis daring pada siswa kelas VIII di MTsN 1 Kendari dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dengan memanfaatkan bantuan aplikasi WhatsApp, Google Meet dan Zoom Meeting; 3) solusi dalam mengatasi problematika dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTsN 1 Kendari yakni dengan meningkatkan kompetensi penguasaan teknologi informasi melalui kegiatan workshop, menfaatkan berbagai sumber belajar seperti youtube, memberikan penugasan secara daring maupun manual dan melakukan koneksi jaringan ke anggota keluarga lainnya atau menghemat dengan cara melakukan koneksi internet saat dibutuhkan. Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran Daring, Bahasa Arab