PERAN PEMBINA PENGEMBANGAN DIRI MELALUI ROHANI ISLAM (ROHIS) DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA DI SMK SALATIGA

Abstract

Pengembangan diri dalam bentuk ekstrakurikuler mengandung arti didalamnya terjadi verifikasi program berbasis bakat dan minat yang memerlukan pelayanan pembinaan khusus sesuai dengan keahliannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan pembina pengembangan diri melalui Rohani Islam (ROHIS) dalam meningkatkan sikap keberagamaan siswa di SMK Salatiga yang diwakili oleh SMK Negeri 01, SMK Negeri 02, SMK Pelita dan SMK Islam Sudirman Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan sosiologis. Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Permasalahan yang dibahasĀ  meliputi berbagai bentuk pengembangan diri melalui ROHIS, dinamika aktivitas dan peran pembina serta hubungan sosiologis pengaruh pembina pengembangan diri melalui ROHIS terhadap peningkatan sikap keberagamaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembina pengembangan diri melalui ROHIS mempunyai peranan yang sangat besar dalam peningkatan sikap keberagamaan siswa di SMK Salatiga yaitu sebagai motivator, creator dan inovator, integrator, serta sublimator.