PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 GUBUG

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah banyaknya peserta didik yang mempunyai kebiasaan sikap kurang percaya diri. Hasil data AKPD menunjukkan siswa di SMAN 1 Gubug takut menjawab, enggan memberikan pendapat, dan merasa minder tampil di depan kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap sikap percaya diri peserta didik kelas XII MIPA SMAN 1 Gubug. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model pretest post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gubug dengan jumlah 245 peserta didik. Sampel sebanyak 36 peserta didik diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan analisis data penelitian uji hipotesis thitung = 4,217 > ttabel = 1,734. Hal tersebut menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap rasa percaya diri peserta didik.