PERAN PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM PERKEMBANGAN MASA ADOLESEN DI ERA GLOBALISASI 4.0

Abstract

Tantangan yang tengah dihadapi di era globalisasi dalam perkembangan masa adolesen terkait pentingnya peran pendidikan spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya peran pendidikan spiritual dalam perkembangan anak masa adolesen (remaja)di era globalisasi 4.0. Harapannya hasil dari penelitian dapat bermanfaat bagi seluruh elemen pemangku kebijakan pendidikan pada umumnya, untuk membuat sistem yang bisa mengoptimalkan pendidikan spiritual dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat di negara ini. Metode penelitian yang digunakan menggunakan kualitatif studi kasus. Hasil penelitian ini dari lima komponen adalah individu masih mencari jati diri, individu mempunyai bekal pendidikan agama dari lingkungan keluarga, individu, berusaha beradaptasi dengan lingkungan, dan dukungan dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat sangat berperan penting dalam perkembangan masa adolesen.