Self-Regulation in Building Motivation
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan berperan dalam kehidupan manusia. Salah satu kegiatan Pendidikan yang nampak adalah bersekolah, individu yang bersekolah akan melewati beberapa tingkatan dimana dalam melewati tingkatan-tingkatan tersebut akan banyak menghadapi hambatan-hambatan baik dari dalam dirinya sendiri maupun dari luar dirinya. Namun kondisi pandemi mengharuskan pendidikan dan sekolah dilakukan secara daring yang mengakibatkan siswa belajar di rumah secara daring dan tidak bertatap muka. Belajar daring mempengaruhi motivasi belajar siswa. Hal tersebutlah yang melatar belakangi dalam penulisan artikel ini. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui konsep regulasi diri dalam membangun motivasi. Regulasi diri merupakan hal penting dalam membangun motivasi individu, dimana regulasi diri lebih menekankan pada kognisi agar dapat menangkal dan mengubah pengaruh negatif dari lingkungan sosial