KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

Abstract

Hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik dapat mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kebiasaan belajar dan motivasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik tersebut. Kebiasaan belajar dan motivasi belajar merupakan bagian yang penting dalam menentukan keberhasilan yang diperoleh dalam belajar. Kontribusi kebiasaan belajar dan motivasi belajar baik secara bersama-sama maupun sendiri berhubungan secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut sehingga disarankan kepada kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, para guru dan lain sebagainya untuk dapat meningkatkan kebiasaan belajar yang baik dan motivasi belajar pada diri siswa, sehingga siswa mampu meningkatkan kebiasaan belajar dan motivasi belajar untuk mencapai keberhasilan atau hasil belajar baik secara teori maupun praktik.