PENANAMAN SIKAP SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang proses penanaman sikap sopan santun peserta didik oleh guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Koto XI Tarusan, terutama perencanaan penanaman sikap sopan santun peserta didik oleh guru Pendidikan Agama Islam, dan evaluasi penanaman sikap sopan santun peserta didik oleh guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif deskriptif. Sumber data primer adalah kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam, sedangkan sumber data sekundernya guru dan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Koto XI Tarusan. Teknik dan alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan: 1) perencanaan penanaman sikap sopan santun dilakukan dengan cara menyesuaikan dengan visi dan misi sekolah, tujuan, serta program kegiatan dilakukan didalam kelas maupun diluar kelas. 2) pelaksanaan penanaman sikap sopan santun oleh guru Pendidikan Agama Islam diintegrasikan dari kegiatan-kegiatan di sekolah baik dalam bidang akademik maupun ekstrakurikuler yang mengarah pada terwujudnya sikap sopan santun yang sengaja ditanamkan pada diri setiap peserta didik . 3) evaluasi penanaman sikap sopan santun oleh guru Pendidikan Agama Islam dilakukan dalam bentuk tertulis seperti hasil ulangan harian peserta didik di sekolah, dan non tertulis seperti musyawarah dan pengawasan dalam bentuk diskusi dalam memecahkan permasalahan ataupun dalam menetapkan program dan juga monitoring seperti pengawasan terhadap program tahsin, baca tulis Al-Quran dan latihan berpidato serta kegiatan  perkembangan sikap peserta didik disekolah maupun dirumah dengan melakukan pemantauan langsung seperti memperhatikan perkembangan sikap peserta didik disekolah dan melakukan kegiatan kunjungan rumah.