RELEVANSI PENDIDIKAN BERBASIS SPIRITUAL DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DAN MADRASAH PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Abstract

UUSPN  No. 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 1 telah mengatur bahwa pendidikan sebagai usaha sadar dan terencana harus diwujudkan dalam suasana belajar dan proses pembelajaran yang memungkinkan peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Hal ini kurang terimplementasi dengan baik pada tataran praktis dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan relevansi pendidikan berbasis spiritual pada sekolah dan madrasah di era revolusi industry 4.0. Sebagai penelitian kepustakaan (library research) dengan melakukan penelitian pada objek berupa penelusuran ide-ide dan khasanah pemikiran pada sumber-sumber kepustakaan, penelitian ini termasuk kategori penelitian kualitatif karena terdapatnya kepentingan terhadap penafsiran dan mencari makna dari teks-teks tertulis. Pendidikan Berbasis Spiritual memainkan peran yang sangat strategis dalam membentuk enam kualitas karakter yaitu kualitas spiritualitas tauhid, pembelajar, kreatif, kolaboratif, bertanggung jawab (takwa), dan karakter syakirin. Kualitas karakter ini merupakan syarat pending yang harus dimiliki sivitas sekolah dan madrasah untuk tetap bisa survive pada perubahan dan mampu menciptakan perubahan-perubahan. ,