Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball throwing dan diiringi Teka-Teki Silang Pada Pembelajaran Statistik STKIP Muhammadiyah Bungo

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika mahasiswa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah mahasiswa kurang serius dalam belajar matematika dan aktifitas mahasiswa dalam pembelajaran matematika juga masih rendah. Tugas-tugas kelompok yang diberikan  hanya dikerjakan oleh mahasiswa yang pintar saja, sedangkan anggota kelompok lain banyak yang bermain-main. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan diiringi Teka-Teki Silang.Setelah diadakan observasi selama pembelajaran berlangsung diperoleh gambaran mengenai aktivitas mahasiswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan diiringi Teka-Teki Silang. Aktivitas belajar mahasiswa pada kelas eksperimen secara keseluruhan terjadi peningkatan persentase mahasiswa yang melakukan aktivitas untuk setiap pertemuan dan untuk setiap indikator. Berdasarkan data hasil belajar mahasiswa pada kedua kelas sampel, setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t pada taraf α = 0,05 diperoleh  dan . karena t > t  maka hipotesis yang diajukan diterima yaitu hasil belajar matematika mahasiswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan diiringi Teka-Teki Silang lebih baik dari mahasiswa yang menggunakan pembelajaran konvensional