Correlation between class participation and motivation on students' English achievement at SMA Negeri 12 Padang, Kec Nanggalo of west Sumatera

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan partisipasi kelas (class participation) (X1) dan motivasi (X2) terhadap hasil belajar bahasa Inggris  (Y) siswa SMA Negeri 12 Padang. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 12 Padang dengan jumlah populasi 894 orang. Sample dipilih dengan teknik acak terstratafikasi (stratified random sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi dan pengisian angket. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan bantuan komputer program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa pertama terdapat hubungan positif antara (X1)  dengan (Y) dengan kategori tinggi (0,793) dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000<0,05), kedua terdapat hubungan positif  antara (X2)  dengan (Y) dengan kategori tinggi (0,783) dan nilai signifikansi sebesar kurang dari 0,05 (0,000<0,05), ketiga terdapat hubungan positif antara (X1) dan (X2) terhadap (Y) bahasa Inggris siswa dengan harga rhitung 0,849 dan rtabel 0,163 pada taraf signifikansi 5% dan n=100. Hal ini menunjukkan semakin tinggi partisipasi dan motivasi maka semakin baik hasil belajar. Dengan demikian partisipasi dan motivasi menjadi pertimbangan yang baik dalam pembelajaran.