MEMBANGUN APLIKASI E-VOTING ONLINE OSIS BERBASIS ANDROID DI SMKN 4 SAMARINDA

Abstract

Abstrak Dalam dunia pendidikan, teknologi berperan sangat penting untuk menunjang proses belajar mengajar dan kegiatan yang ada di sekolah, namun belum semua proses kegiatan terakomodir oleh perkembangan teknologi. Proses pemilihan pada SMKN 4 Samarinda sistem yang dilakukan semuanya masih konvensional, semua proses dilakukan secara manual dan hal ini dirasa kurang efektif dan efisien. Aplikasi voting / Elektronic Voting (E-Voting) dianggap lebih efektif dan lebih efisien karena semua prosesnya secara terkomputerisasi memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memilih calon, mempermudah dalam proses perhitungan suara dan hasil pemilihan bisa langsung diketahui secara cepat dan akurat. Pembuatan dan perancangan aplikasi voting pemilihan pada SMKN 4 Samarinda berbasis android dibangun menggunakan metode pengembangan aplikasi menggunakan Waterfall. Data yang akan dikelola dalam sistem tersebut adalah data admin, data pemilih atau siswa, data kandidat dengan proses pendaftaran dan proses pemilihan. Output dari perancangan aplikasi ini adalah laporan data suara pemilihan. Aplikasi voting di SMKN 4 Samarinda ini diharapkan mempermudah dalam proses pemilihan, dan memberikan hasil voting yang akurat, cepat dan terpercaya serta bisa mengurangi angka siswa yang tidak memilih dan tidak akan menggangu proses belajar mengajar. Kata Kunci: Aplikasi, E-Voting, Android. Abstract In the world of education, technology plays a very important role in supporting the teaching and learning process and activities in schools, but not all process activities have been accommodated by technological developments. The selection process at SMKN 4 Samarinda is still conventional, all processes are done manually and this is deemed less effective and efficient. The voting / Electronic Voting (E-Voting) application is considered more effective and more efficient because all the computerized processes make it easy for users to choose candidates, simplify the vote counting process and the election results can be known quickly and accurately. The creation and design of an android-based election election application at SMKN 4 Samarinda which was built using the Waterfall application development method. The data that will be managed in the system are admin data, voter or student data, candidate data with the registration process and election process. The output of the design of this application is a report on election vote data. The voting application at SMKN 4 Samarinda is expected to facilitate the election process, and provide accurate, fast and reliable voting results and can reduce the number of students who do not vote and will not interfere with the teaching and learning process. Keywords: Application, E-Voting, Android.