KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI SAKU MAHASISWA DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION

Abstract

Sistem informasi Saku Mahasiswa merupakan aplikasi administrasi akdemik berbasis android untuk membantu pelaksanaan administrasi pembelajaran mahasiswa UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Keluhan yang muncul dari berbagai ulasan pengguna terhadap sistem informasi Saku Mahasiswa berdasarkan data yang dikumpulkan dari layanan google play serta belum tersedianya tolok ukur tingkat kepuasan pengguna dan kinerja aplikasi merupakan faktor yang melandasi penelitian ini dilakukan. Metode pengukuran kepuasan menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS) pada 5 dimensi yaitu isi, akurasi, tampilan, kemudahan, dan ketepatan waktu layanan. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner kepada 100 mahasiswa dari 5 fakultas sebagai sampel dengan memanfaatkan aplikasi google form. Hasil penelitian berdasarkan dimensi content (isi) memperoleh skor 73,9%, accuracy (keakuratan) sebesar 72,8%, format (tampilan/bentuk) sebesar 78,8%, ease of use (kemudahan penggunaan) sebesar 81,8%, dan demensi timeliness (ketepatan waktu) sebesar 70,6%. Sehingga rata-rata tingkat kepuasan mahasiswa terhadap sistem informasi Saku Mahasiswa sebesar 72,2%. Hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa per fakultas rata-rata sebanyak 72,6%, terdapat perbedaaan signifikan sebesar 0,002 atau lebih kecil dari 0,05, sehingga Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar pengguna Puas terhadap layanan Sistem Informasi Saku Mahasiswa. Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Saku Mahasiswa, End User Computing Satisfaction Abstract The Student Pocket information system is an android-based academic administration application to assist the administration of student learning at UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Complaints that arise from various user reviews of the Student Pocket information system based on data collected from google play services and the unavailability of benchmarks for user satisfaction and application performance are the factors that underlie this research. The method of measuring satisfaction uses End User Computing Satisfaction (EUCS) on 5 dimensions, namely content, accuracy, appearance, convenience, and timeliness of service. The technique of collecting data is through questionnaires to 100 students from 5 faculties as a sample by utilizing the google form application. The results of the study based on the dimensions of content (content) obtained a score of 73.9%, accuracy (accuracy) of 72.8%, format (display/shape) of 78.8%, ease of use (ease of use) of 81.8%, and the timeliness dimension is 70.6%. So that the average level of student satisfaction with the Student Pocket information system is 72.2%. The results of the ANOVA test showed that the average student satisfaction per faculty was 72.6%, there was a significant difference of 0.002 or less than 0.05, so Ha was accepted. Thus it can be concluded that most users are satisfied with the Student Pocket Information System service. Keywords: User Satisfaction, Student Pocket, End User Computing Satisfaction