Perencanaan Strategik Masjid Berbasis Balanced Scorecard

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan strategik lembaga Masjid dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard yang merupakan sistem manajemen popular yang banyak diadopsi dan diadaptasikan pada berbagai jenis organisasi termasuk organisasi non profit. Desain penelitian ini adalah sistesis teori (theory synthesis) yang mensitesakan antara teori perencanaan strategik berbasis Balanced Scorecard dengan teori pengelolaan Masjid. Hasil daripada penelitian ini adalah perencanaan strategik Masjid terdiri dari 3 komponen utama yang meliputi peta strategi Masjid, Balanced Scorecard dan Action plan. Peta strategi Masjid perlu memperhatikan 4 perspektif Balanced Scorecard. Perspektif pelanggan berkaitan dengan kondisi Jamaah dan donatur, perspektif proses internal terdiri dimensi manajemen jamaah dan donatur, dimensi manajemen inovasi, dimensi manajemen operasi yang terdiri dari manajemen fisik dan manajemen fungsi Masjid serta dimensi pemenuhan regulasi dan hubungan sosial dengan warga sekitar. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berkaitan dengan modal kompetensi SDM, modal sistem informasi dan iklim kerja kepengurusan Masjid. Perspektif finansial berkaitan dengan kondisi keuangan organisasi yang dicapai melalui pertumbuhan pendapatan, efisiensi biaya dan pemanfaatan aktiva.  Keseluruhan sasaran strategik ditetapkan dalam bentuk peta strategi organisasi yang diikuti dengan penetapan ukuran hasil (lag indicator) dan target. Untuk mencapai sasaran strategik diperlukan action plan yang kesuksesannya diukur berdasarkan ukuran pemacu kinerja (lead indicator) Kata kunci: Balanced Scorecard, Perencanan strategik, Masjid