Design langkah Perumusan Strategi membangun kemandirian ekonomi masjid Berbasis BSC

Abstract

BSC sebagai sebuah sistem manajemen startegi memiliki kelebihan memberikan kerangka berfikir secara komprehensif bagi masjid dalam membangun kemandirian ekonomi masjid. Salah satunya dalam proses merumuskan startegi dengan menggunakan pendekatan 4 perspektif yakni finansial, pelanggan, proses internal, dan pertumbuhan & pembelajaran.  Namun, sayangnya studi tentang penerapan  konsep perumusan startegi menggunakan BSC belum banyak ditemukan dalam konteks organisasi dakwah. Begitu pula dengan kerangka berfikir perumusan strategi spesifik konteks Lembaga dakwah. Tujuan dari studi ini adalah pengembangan konsep bagaimana langkah perumusan strategi berbasis BSC dari teori perumusan strategi BSC Kaplan dan Norton, untuk merumuskan strategi kemandirian ekonomi masjid. Yang diharapkan dapat memberikan pedoman umum langkah menerapkan perumusan strategi membangun kemandirian masjid menggunakan BSC. Metode penelitiannya Basic Reasearch kualitatif dengan menggunakan analisis isi yang bersifat deduktif. Kesimpulan langkah dalam perumusan strategi meliputi :1) menetapkan visi dan misi usaha ekonomi masjid yang selaras dengan visi dan misi masjid, 2) melakukan analisis SWOT BSC, dengan melakukan penyesuaian pada perspektif finansialnya, dimana stakeholdernya adalah masjid, donatur (selaku investor) dan masarakat yang diberdayakan, 3) memformulasi strategi dengan menggunakan matrix SWOT dan logika berfikir Strategy map. Kata kunci : perumusan strategi BSC, kemandirian ekonomi masjid