Paradigma Brand Experience Management dalam Membentuk Loyalitas Jemaah Dakwah

Abstract

Kemampuan membangun loyalitas jemaah merupakan salah satu modal kompetitif organisasi dakwah untuk tetap bersaing. Brand organisasi dakwah memiliki potensi besar untuk membangun loyalitas jemaah, sayangnya strategi brand yang banyak dijalankan saat ini belum menyentuh wilayah tersebut. Untuk itu diperlukan kajian paradigmatis yang mampu menjembatani potensi besar kekuatan brand organisasi dakwah dan tuntutan untuk membangun loyalitas jemaah dakwah. Artikel ini menggunakan pendekatan qualitative non-empirical research (conceptual research) dengan menerapkan analisis sintesis teoritis dari konsep-konsep brand, brand experience, dan loyalitas konsumen untuk menghasilkan landasan-landasan paradigmatis penerapan brand experience management dalam dunia dakwah. Landasan paradigmatis yang ditemukan dalam artikel ini mencakup reinterpretasi esensi dakwah sebagai rangkaian proses yang panjang untuk membangun karakter muslim seutuhnya; mendudukan mad’uw mitra strategis dalam mengembangkan kekuatan brand; menyadari potensi brand sebagai aset strategis sekaligus instrumen membangun loyalitas jemaah; menyadari tuntutan keterampilan dan kreativitas untuk mengadaptasikan prinsip-prinsip brand experience ke dalam desain dakwah.