MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA
Abstract
The purpose of this study is to describe the development of the ability to introduce the letters of the alphabet using word cards to early childhood children aged 5-6 years in RA Al-Amien, Limusnunggal Village, Cibeureum District, Sukabumi City. This study uses a qualitative descriptive research conducted at RA Al-Amien Limusnunggal Karanganyar. The research subject is a B1 class teacher at RA Al-Amien Limusnunggal. The research informants were the Principal of the Kindergarten and Class A teachers at RA Al-Amien, Limusnunggal Village, Cibeureum District, Sukabumi City. Data collection methods used are observation, interviews, documentation. The research is aimed at improving human resources, namely teachers in increasing recognizing letters in early childhood, as well as making letter cards that are interesting for early childhood. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendekripsikan pengembangkan kemampuan mengenalkan huruf abjad menggunakan media kartu kata pada anak usia dini yang berusia 5-6 tahun di RA Al-Amien Kelurahan Limusnunggal Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di RA Al-Amien Limusnunggal Karanganyar. Subyek Penelitian adalah guru kelas B1 di RA Al-Amien Limusnunggal. Informan Penelitian adalah Kepala Sekolah TK dan guru kelas A di RA Al-Amien Kelurahan Limusnunggal Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitiam di tujukan untuk meningkatkan sumber daya manusia yaitu guru dalam meningkatkan mengenal huruf pada anak usia dini, serta membuat kartu hurug yang menarik bagi anak usia dini. Kata Kunci : Kartu Huruf, Guru, Anak usia dini DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v7n2.22860