PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA EDUKATIF PUZZLE DARI DAUR ULANG TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of using recycled puzzle educational aids on the cognitive development of children in Citra Kindergarten, Makassar City. the type of research is pre-experimental and the research design is one group pretest-posttest design. The research approach used is a quantitative approach. The population in this study was group B at the age of 5-6 years at Citra Kindergarten in Makassar City. Sampling in this study is random sampling. The sample in this study were 12 students. Data collection techniques used are descriptive statistical analysis and parametric statistical analysis. The results of the analysis obtained data that there were significant changes in the cognitive development of children before and after being given the activity of arranging pieces. Based on the paired sample test, it can be concluded that there is an effect of using recycled puzzle educational teaching aids on the cognitive development of children in Citra Kindergarten, Makassar City. This can be seen from the results of the pre-test and post-test which significantly increased after being given treatment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga edukatif puzzle dari daur ulang terhadap perkembangan kognitif anak di Taman Kanak-Kanak Citra Kota Makassar. jenis penelitian pre-eksperimen dan dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B pada usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Citra Kota Makassar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 12 anak didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik parametrik. Hasil analisis diperoleh data bahwa terdapat perubahan yang signifikan pada perkembangan kognitif anak sebelum dan sesudah diberikan kegiatan menyusun kepingan. Berdasarkan uji paired sampel tes maka dapat disimpulkan  terdapat pengaruh penggunaan penggunaan alat peraga edukatif puzzle dari daur ulang terhadap perkembangan kognitif anak di Taman Kanak- Kanak Citra Kota Makassar. Hal ini dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test yang signifikan meningkat setelah diberikan treatment. Kata Kunci: Alat Peraga Edukatif  Puzzle, Perkembangan Kognitif Anak, Anak Usia Dini. DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v7n2.22750