Pelaksanaan Pemberian Tugas Bisa Meningkatkan Kemampuan pada Anak TK Negeri Pembina Sungai Raya dalam Mengenal Warna
Abstract
The purpose of this study was to describe the implementation of this assignment to improve the ability of the children of Group B of the Pembina Raya Kindergarten in recognizing colors. The method used in this research is classroom action research (PTK). The research subjects were children of Group B of the Pembina Raya Kindergarten, using data collection tools in the form of observation and assignments. From the results of the given assignments, it was found that the child's ability to recognize colors (pointing, mentioning, and grouping) after being accumulated in cycle I was 31.11%, and cycle II there was 82.22%. This shows an increase in the child's ability to recognize colors on the given task. Thus, the implementation of assigning assignments to Group B Kindergarten Children of Raya Sungai Raya, Kubu Raya Regency in the ability to recognize colors increases. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pemberian tugas ini meningkatkan kemampuan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sungai Raya dalam mengenal warna. Metode yang digunakan pada penelitian adalah penelitian tindakankelas (PTK). Subjek riset merupakan anak kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sungai Raya dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa observasi dan pemberian tugas. Dari hasil tugas yang diberikan diperoleh kemampuan anak mengenal warna (menunjuk, menyebutkan, dan mengelompokkan) setelah diakumulasikan pada siklus I terdapat 31,11%, dan siklus II terdapat 82,22%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak mengenal warna pada tugas yang diberikan. Dengan demikian, pelaksanaan pemberian tugas pada anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya dalam kemampuan mengenal warna meningkat. Kata kunci : Meningkatkan; Mengenal warna; Pemberian tugas. DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v7n1.22275