Upaya Meningkatkan Kemapuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Media Big Book

Abstract

Speaking ability is one of the language skills that is very important to develop. The purpose of this study is to describe the improvement of children’s speaking ability through the use of big book media. The research used classroom action research in Kober Mentari Cimalaka District, Sumedang Regency. The sample were 14 children aged 5-6 years old. Data were collected by using observation and assignment techniques. The research showed that big books media can improve children’s speaking ability, with the evident in the first cycle of children's speaking ability reached 36% and in the second cycle reached 86%. This shows an increase of speaking ability, so that the big book media can be an alternative to develop children’s speaking ability. Kemampuan berbicara termasuk salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting untuk dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara pada anak melalui penggunaan media big book. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di Kober Mentari Desa Cimalaka Kecamatan Cimalaka kabupaten Sumedang. Subjek penelitian berjumlah 14 anak dengan tekhnik pengumpulan data melalui observasi dan penugasan. Berdasarkan hasil penelitian melalui media big book dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak, hal ini terbukti pada siklus I kemampuan berbicara anak mencapai 36% dan pada siklus II mencapai 86%. Hal ini menunjukan peningkatan kemampuan berbicara yang berkembang sangat baik, sehingga media big book dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak.   Kata kunci: kemampuan berbicara, media big book, anak usia dini DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20863