DOSEN SEBAGAI DRIVING FORCE INTERNALISASI NILAI-NILAI AL ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

Abstract

Pendidikan masih menjadi intrumen terbaik, efektif dan efisien di dunia sebagai wadah transformasi dan transmisi untuk menghasilkan manusia yang bermutu baik secara kognitif, afektif maupun psikomotorik. Dosen adalah sebagai sumber daya yang paling penting demi tercapainya visi dan misi pendidikan untuk mencapai internalisasi nilai-nilai sebagai upaya membangun karakter mahasiswa khususnya di Universitas Muhammadiyah Gresik yang juga pada akhirnya berimplikasi terhadap masyarakat umum. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode dan pendekatan tersebut dipilih karena masalah yang dikaji menyangkut masalah yang sedang berlangsung dalam kehidupan kampus Universitas Muhammadiyah Gresik. Temuan dari penelitian adalah adanya optimalisasi pelaksanaan 4 kompetensi pada dosen, yakni: kompetensi professional, kompetensi kepribadian, kompetensi social dan komptensi pedagogis dalam aktualisasi diri berkehidupan dan bersosialisasi. Strategi internalisasi nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan adalah dengan mengoptimalkan peranan para dosen dalam proses pembentukan ekosistem nilai di lingkungan kampus serta penggunaan strategi-strategi yang didukung dengan pembelajaran yang bersifat filosofis dan sufistik dan mengejewantahkan dalam aksi nyata yakni panutan dalam berfikir dan bertindak dalam kesehariannya.