MENGOKOHKAN PENDIDIKAN MELALUI PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MASA PANDEMI COVID-19

Abstract

Fakta yang terjadi dilapangan memberikan bukti bahwa orang tua belum bisa memberikan pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Hal ini dilatarbelakangi oleh kekurangpahaman orang tua bahwa memiliki tanggung jawab dan peran penting dalam memberikan pendidikan. Mereka masih menganggap bahwa cukup menyekolahkan anak dilembaga pendidikan saja. Namun paradigma ini menjadi senjata makan tuan bagi mereka yang belum siap ketika pembelajaran dilaksanakan di rumah akibat pandemi Covid-19. Dengan melihat latar belakang tersebut, penulis terdorong untuk menyajikan dan mengkaji hadis yang berkaitan dengan peran orangtua dalam mengokohkan pendidikan di lingkungan keluarga dalam rangka mencetak anak yang berkualitas baik dari segi agama, sosial, dan pengetahuan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian penelitian kepustakaan (library Research), yaitu penelitian yang berusaha menghimpun data penelitian dari literatur yang ada. Dari hasil penelusuran penulis, setidaknya penulis menyajikan tiga hadis. Dari hadis-hadis tersebut dapat disimpulkan bahwa keluarga yang memiliki rasa tanggung jawab yang besar dalam mendidik generasinya merupakan keluarga yang benar-benar mengerti peran vitalnya yang harus diberikan kepada anaknya yaitu berupa pendidikan yang terbaik. Oleh sebab itu, perbaikan pola pendidikan anak dalam lingkungan keluarga merupakan sebuah kewajiban dan membutuhkan perhatian yang serius.