Validitas Konstruk Istrumen Evaluasi pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XI SMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alat evaluasi butir soal uraian yang terdapat pada buku teks Bahasa Indonesia kelas XI SMA Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Terbitan Yrama Widya yang dihubungkan dengan validitas konstruk untuk melihat subbidang keilmuan di buku teks Bahasa Indonesia tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan berdasarkan fakta atau gejala yang ada dan dapat diamati secara empiris. Penelitian ini sifatnya Applied Research (Penelitian Terapan) yaitu penelitian yang Berdasarkan atas alasan praktis, keinginan untuk mengetahui dan bertujuan agar dapat melakukan sesuatu yang lebih baik, efektif, dan efisien. Temuan yang didapatkan oleh peneliti pada alat evaluasi butir soal uraian buku teks Bahasa Indonesia kelas XI SMA Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 menemukan validitas konstruk keilmuan kebahasaan persentase sebesar 57,5%, validitas konstruk keilmuan kesusastraan persentase sebesar 25%, lalu untuk hasil analisis keterampilan berbahasa membaca persentase sebesar 17,5%, untuk keterampilan berbahasa menulis sebesar 7,5%. Setelah di atas temuan persentase validitas konstruk konten keilmuan kebahasaan, kesusastraan, dan keterampilan berbahasa, berikut temuan persentase ranah kognitif pada alat evaluasi butir soal uraian pada C1 sebesar 75%, C2 sebesar 2,5%, C4 sebesar 15%, dan C6 sebesar 10%. Hasil Penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu acuan dalam pengembangan instrument evaluasi dalam bahan ajar bahan ajar bahasa Indoneia.