Analisis Eksistensial Tokoh Utama pada Novel The Story Of My Life Karya Helen Keler

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensial tokoh utama dalam novel The Story of My Life karya Helen Keller khususnya membahas tentang keberadaan seseorang dalam ruang lingkup masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif analisis. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel The Story of My Life karya Helen Keller yang diterbitkan oleh PT Kaurama Buana Antara, Banten tahun 2017. Adapun data yang diperoleh dari penelitian ini adalah berupa kutipan kata, frasa, kalimat yang terdapat dalam analisis eksistensi dalam novel The Story of My Life karya Helen Keller. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan metode deskriptif analisis. Eksistensi dalam penelitian ini berkaitan dengan kesadaran, pendidikan, dan kebebasan Helen Keller dalam memandang dirinya sebagai tokoh utama dengan penuh semangat, kegembiran, dan kepuasan terhadap keberadaan dirinya dalam cerita. Bentuk kesadaran yang muncul dalam novel The Story of My Life karya Helen Keller ini, merujuk pada pola pikir Helen sebagai tokoh utama yang merujuk pada sikap penalaran, sehingga melakukan pilihan hidup berdasarkan prinsip eksistensinya. Prinsip eksistensi tersebut, dilihat melalui tatanan kehidupannya yang mengarah pada dirinya dan kehidupannya. Sedangkan bentuk eksistensi pendidikan yang muncul merujuk pada esensi yang dimiliki tokoh utama menjadikan pendidikan sebagai tolak ukur kehadirannya di lingkungan sekitar. Adapun Bentuk kebebasan yang muncul dalam novel The Story of My Life karya Helen Keller merujuk pada pola pikir Helen sebagai tokoh utamanya. Bentuk kebebasan dalam novel ini dicirikan dengan wujud tindakan tokoh utama Helen yang di dalamnya terdapat kondisi-kondisi yang diperlukan dan menandai hasil dari suatu keputusan yang benar-benar ada, karena esensi dari kehidupan Helen adalah kebebasannya menjadi penentu bagi tindakan-tindakannya.