Model Pertutuan Introgatif Anak Prasekolah : Kajian Sintaksis Dan Sematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan model  pertuturan kalimat interogatif siswa prasekolah dalam proses pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah tuturan siswa kelas A Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Qurrota A’yun Lampung. Metode penelitian ini adalah metode deskriptip kualitatif dengan pendekatan studi kasus observasi (observational case studies) dengan teknik pengumpulan data interogatif melalui observasi partisipan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kalimat interogatif yang digunakan anak prasekolah pada saat beinteraksi dalam pembelajaran di kelas berupa kalimat interogatif  dengan  menggunakan kata tanya dan intonasi tanya. Pada kalimat interogatif yang menggunakan kata tanya, kata yang digunakan berupa variasi kata tanya apa (ngapain), siapa, bagaimana (gimana, gini), kenapa (kok), mana (di mana, ke mana, dari mana), berapa.  Pada kalimat interogatif dengan intonasi tanya ditandai oleh struktur kalimat yang menyatakan makna bertanya. Dari jumlah data penelitian kalimat interogatif  sebanyak 530 ditemukan kalimat interogatif yang menggunakan  kata tanya sebanyak 302  dan kalimat interogatif dengan intonasi tanya sebanyak 228 .