Kecemasan Matematika pada Siswa Kelas 9 SMP Berdasarkan Ada Tidaknya Keikutsertaan Kursus Online pada Pembelajaran Daring di SMPN 141 Jakarta
Abstract
Kecemasan matematika dapat menganggu proses pembelajaran dan menimbulkan dampak negatif bagi siswa yaitu dengan menghindar dari hal yang membuat siswa merasa cemas dan juga menghasilkan pembelajaran yang kurang efektif. Penerapan solusi pembelajaran daring menimbulkan rasa cemas terhadap siswa. Kursus online membantu siswa untuk menjadi solusi di masa pandemi COVID-19 karena penggunaanya yang praktis dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui tingkatan kecemasan matematika yang dialami siswa yang mengikuti kursus online dan yang tidak mengikuti kursus online. Metode yang digunakan pada penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan survey untuk mengetahui tingkatan kecemasan matematika siswa kelas 9. Sampel yang digunakan pada penelitian ini terdapat 129 siswa kelas 9 di SMPN 141 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima indikator, indikator yang paling tinggi adalah kegiatan belajar untuk siswa yang mengikuti kursus online  dan siswa yang tidak mengikuti kursus online . Hasil dari penelitian menunjukkan secara keseluruhan kecemasan matematika siswa pada pembelajaran daring termasuk ke dalam kategori sedang.