Pengembangan Buku Ajar Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas XI SMK Bisnis dan Manajemen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku ajar matematika untuk siswa kelas XI di SMKN 48 Jakarta jurusan Bisnis dan Manajemen. Buku ajar matematika ini dibuat karena kurangnya pemahaman siswa terhadap materi matematika. Hal tersebut diperkuat oleh hasil analisis kebutuhan siswa di SMKN 48 Jakarta jurusan Bisnis dan Manajemen, yaitu 86,11% siswa menyatakan kesulitan dalam mempelajari matematika. Berdasarkan analisis kebutuhan siswa, sebanyak 22,71% siswa memilih statistika sebagai materi yang dianggap sulit, sehingga materi yang akan dikembangkan adalah materi statistika. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research and Development yang mengacu pada model Borg & Gall. Buku ajar matematika yang dikembangkan telah melalui validasi ahli materi dan bahasa dengan nilai persentase rata-rata sebesar 82,96% dengan kategori sangat baik, dan validasi ahli media dengan nilai persentase rata-rata sebesar 91,78% dengan kategori sangat baik. Kemudian dilakukan uji coba kepada guru dan siswa. Pada hasil evaluasi guru diperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 91,87% dengan kategori sangat baik. Pada hasil uji coba siswa skala kecil diperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 89,92% dengan kategori sangat baik dan uji coba siswa skala besar diperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 83,64% dengan kategori sangat baik. Sehingga video pembelajaran matematika yang dikembangkan layak untuk dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah dengan rata-rata keseluruhan sebesar 88,03%.