IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA: DI SD SALMAN AL-FARISI FULL DAY SCHOOL BANDUNG

Abstract

Implementasi Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an  merupakan sebuah proses membaca ayat yang harus di hafal dengan sempurna dan menjadi sebuah kualitas bacaan yang baik. SD Salman Al-Farizi Full Day School merupakan sekolah dasar yang berbasis kurikulum metode setiap siswa dituntut untuk bisa membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode tilawati sebagai acuan agar siswa mudah dan fasih  dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara membaca Al-Qur’an dengan mudah dan untuk mengetahui bagaimana cara mentarjim bacaan Al-Qur’an sehingga bacaan Al-Qur’an menjadi bacaan yang berkualitas di SD Salman Al-Farisi Full Day School. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi lapangan yang merupakan penelitian kualitatif deskrifti. yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana penelitian ini mendeskripsikan dan membuat pertanyaan pertanyaan yang diajukan secara mendalam terhadap subjek penelitian dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi, dengan metode pengumpulan data dengan wawancara kepada pembimbing tilawati di SD Salman Al-farisi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa Implementasi Tahfidz Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Tilawati sangat penting bagi hafalan siswa yang akan meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Dengan metode tilawati, SD Salman Alfarisi mencetak banyak lulusan yang fasih dalam membaca Al-Qur’an serta paham terhadap bacaan Al-Qur’an karena menguasai ilmu tajwid.