ANALISIS NILAI-NILAI MANAJEMEN BISNIS SYARIAH MENGENAI PENGARUH JASA ENDORSER SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE DALAM MENINGKATKAN OMZET PERUSAHAAN
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan bisnis yang begitu cepat membuat persaingan didunia bisnis begitu pesat. Sehingga mendorong pelaku bisnis untuk berupaya menarik konsumen dalam meningkatkan penjualan. Salah satu cara yang dilakukan adalah menerapkan jasa endorser sebagai media promosi online melalui media sosial Whatsapp, Instagram, Facebook, Twitter dan Instagram sebagai dalam meningkatkan omzet perusahaan. Jenis penelitian ini yaitu dengan menggunakan penelitian kuantitatfif yang menggunakan skala likert, dengan jumlah sampel 50 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dengan metode Tabachic & Fidell. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan analisis regresi linear berganda (multi linear regression) dengan menggunakan Software IBM Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Versi 16. Hasil penelitian ini menunjukan pengaruh omzet perusahaan yang terdiri atas whatsapp, instagram, facebook, twitter dan youtube secara bersama-sama memiliki pengaruh nyata dan positif. Namun lebih dominan instagram dan facebook yang berpengaruh nyata dan positif terhadap kenaikan omzet perusahaan, dengan nilai koefisien regresi variabel sebesar 0.564 yang artinya jika Instagram mengalami kenaikan satu satuan, maka nilai omzet perusahaan akan naik sebesar 0,564. Peningkatan nilai-nilai Instagram mendorong peningkatan dalam omzet perusahaan .nilai koefisien regresi variabel sebesar 1.007 yang artinya jika Facebook mengalami kenaikan satu satuan, maka nilai omzet perusahaan akan naik sebesar 1.007. Peningkatan nilai-nilai Facebook mendorong peningkatan dalam omzet perusahaan.