Analisis Pembelajaran Lingkungan Sosial Berbasis STEAM pada Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan pembelajaran STEAM (science, technology, enginering, art and mathematics)  agar memberi kesempatan pada anak untuk dapat terlibat secara langsung dalam pembelajaran dan menggunakan tema dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana menganalisis pembelajaran lingkungan sosial berbasis STEAM pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran lingkungan sosial berbasis STEAM pada anak usia dini. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini meneliti siswa kelompok B TK Tunas Rimba 1 Semarang yang berjumlah 6 anak. Data di dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam analisis pembelajaran lingkungan sosial berbasis STEAM pada anak usia dini anak-anak mampu terlibat, bereksplorasi, menjelaskan, mencari tahu dan diskusi bersama dalam kegiatan pembelajaran. Dimana aspek-aspek tersebut merupakan indikator dalam menganalisis pembelajaran lingkungan sosial berbasis STEAM. Sehingga ketika aspek-aspek tersebut berkembang maka menunjukkan perkembangan analisis pembelajaran lingkungan sosial berbasis STEAM oleh anak.