MANAJEMEN SDM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Abstract

Artikel ini membahas tentang manajemen sumber daya manusia berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Selain memaparkan secara normatif, juga diberikan ulasan dalam perspektif teori komunikasi serta kritik dari penulis terhadap pengembangan manajemen SDM berbasis TIK. Tulisan ini menemukan bahwa kegiatan manajemen SDM di berbagai organisasi/perusahaan sudah memanfaatkan TIK, meliputi: 1) perencanaan SDM dan analisis pekerjaan, 2) rekrutmen, seleksi, dan penempatan, 3) pelatihan dan pengembangan karir SDM, 4) manajemen kinerja, 5) manajemen kompensasi. Dengan adanya penerapan TIK ini, semakin meningkatkan peran manajemen SDM yang dahulu hanya mengurusi persoalan administrasi ke arah persoalan yang lebih strategis. Namun demikian, ada beberapa catatan kritis dalam penerapan TIK, yaitu persoalan scurity acces dan error system, pengembangan SDM yang parsial, serta merenggut nilai-nilai kemanusiaan. Karenanya, manajemen SDM berbasis TIK harus diimbangi dengan peningkatan keamanan sistem, pengembangan kapasitas SDM secara berimbang jasmani dan ruhani, serta tindakan pimpinan atau manajer yang tetap membangun hubungan emosional dengan bawahannya.