STRATEGI KOMUNIKASI PELAKU BISNIS ELECTRONIC COMMERCE (E-COMMERCE) DI MASA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS MITRA TOKOPEDIA DI MEDAN

Abstract

Perkembangan teknologi membawa perubahan lingkungan yang kemudian menjadi masalah saat ini menimbulkan kekhawatiran berkepanjangan bagi para pelaku bisnis. Mengoptimalkan pemasaran untuk menciptakan penjualan efektif. Pemasar yang mencoba mempertahankan bisnis mereka pada masa pandemi mengalihkan penjualan dari metode langsung ke sistem pemasaran daring. Sehingga penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah yang mendasar di antaranya adalah: Bagaimana Strategi Komunikasi pelaku bisnis Electronic Commerce (Mitra Tokopedia) dalam pemulihan Ekonomi di masa pandemi Covid 19?, Bagaimana Tantangan Strategi Komunikasi pelaku bisnis Electronic Commerce (Mitra Tokopedia) dalam menarik konsumen di masa pandemi Covid-19?, Adapun metode yang di gunakann adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Strategi komunikasi pelaku bisnis Electronic Commerce (Mitra Tokopedia) dalam pemulihan Ekonomi di masa pandemi Covid 19 sesuai dengan macam strategikomunikasi yang mana para pelaku bisnis telah menguasai segmen pasar yaitu mampu melihat peluang dan kebutuhan pasar yang di butuhkan saat masa pandemi. Tantangan pelaku bisnis Electronic Commerce (Mitra Tokopedia) dalam menarik konsumen di masa pandemi Covid-19 yaitu persaingan antara para mitra tokopedia yang menjual produk sama namun perbandingan harga yang berbeda, harus mampu aktif dalam mengenalkan tokonya karena hal ini sangat mempengaruhi rating pada toko, semakin sering live akan mengajak para konsumen untuk berkunjung dan belanja. Adapun hambaatan lain secara teknisi adalah jaringan yang eror, respon yang lambat antara kedua bela pihak maupun terdapat barang habis di tokonya.Dalam konsep komunikasi Islam segala sesuatu interaksi sesama manusia pada dasarnya dibolehkan, sejauh tidak ada dalil yang menentukan keharamannya