Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Mengembangkan Kreativitas Belajar Anak Berbakat
Abstract
Siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 07 Medan memiliki kekurangan untuk mengembangkan kreativitas belajarnya dan juga sulit untuk membuat suatu konsep dari pembelajaran. Mereka susah untuk membuat ide kreativitasnya dengan berbagai bidang studi yang ada disekolah tersebut. Mereka bingung untuk membuat ide kreativitasnya agar terlihat catatan menjadi menarik. Permasalahan dari penelitian ini adalah tentang penerapan layanan penguasaan konten untuk mengembangkan kreativitas anak berbakat. Tujuan dari penelitian ini: Untuk mengetahui adanya penerapan layanan penguasaan konten untuk mengembangkan kreativitas belajar anak berbakat siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan T.A 2019/2020. Adapun dalam penelitian ini ada enam siswa yaitu 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan kelas VIII. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara siswa-siswa yang bersangkutan. Dari hasil penelitian yang dapat diketahui bahwa penerapan layanan penguasaan konten untuk mengembangkan kreativitas belajar anak berbakat siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07Tahun Ajaran 2019/2020. Sudah berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Pada pelaksanaan layanan penguasaan konten 6 siswa yang mengalami kekurangan megembangkan kreativitas belajarnya dan setelah melakukan layanan sudah memiliki perubahan yang diharapkan dan pada pelaksanaan layanan penguasaan konten terjadi peningkatan sangat meningkat