Pengembangan Buku Pedoman Pembelajaran Kimia Tematik Berbasis Adiwiyata
Abstract
Adiwiyata adalah program sekolah berwawasan lingkungan yang mempersyaratkan guru mengintegrasikan materi pendiidkan lingkungan hidup berupa isu lokal berwawasan kearifan lokal. Dalam pelaksanaannya guru belum mampu mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran. Guna memenuhi tautan tersebut, maka dibutuhkan sebuah buku pengayaan yang memungkinkan guru dapat belajar mandiri dalam mengkonsep pembelajaran untuk sekolah adiwiyata. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menilai kelayakan produk yang dikembangkan dan respon pengguna, serta untuk mengembangkan buku pengayaan bagi guru kimia di sekolah adiwiyata dengan model pembelajaran tematik karakteristik SETS dan CTL pada tema limbah pewarnaan batik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahap, yaitu define, design, development, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahap ketiga atau development. Produk yang dikembangkan dikonsultasikan pada dosen pembimbing, dilakukan validasi oleh ahli materi dan media dan tiga peer reviewer. Penilaian oleh lima orang guru dengan menggunakan angket dengan skala likert dan respon siswa menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian kelayakan oleh ahli materi sebesar 78,3% dengan kategori Baik dan ahli media sebesar 100% denga kategori Layak. Adapun respon yang diberikan guru positif dengan persentase 89,63% dan memperoleh kategori Sangat Baik