Pengembangan Komik Edukasi Kimia “KEMBAR” Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta

Abstract

Adanya gap budaya/ cultural gap antar generasi memungkinkan musnahnya warisan pengetahuan dari generasi terdahulu sehngga diperlukan sebuah media yang dapat digunakan untuk menyimpan dan mendesiminasikan warisan pengetahuan dan kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah media berbagi pengetahuan (sharing knowledge) dalam bentuk komik edukasi kimia yang memuat konten kearifan lokal seni budaya dan kuliner Yogyakarta dikemas dengan komik yang bertemakan wayang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang meliputi lima tahapan, yaitu tahap penelitian dan pengumpulan data; tahap perencanaan; tahap pengembangan; tahap uji coba awal; dan tahap revisi produk. Produk komik edukasi kimia berbasis kearifan lokal ini ditinjau oleh satu dosen ahli media, satu dosen ahli materi, empat reviewer (guru kimia SMA/MA), dan tiga peer reviewer. Penilaian produk dilakukan menggunakan instrumen penilaian kualitas berupa angket skala Likert dan respon masyarakat menggunakan angket skala Guttman. Hasil penelitian pengembangan berupa media edukasi komik kimia berbasis kearifan lokal Yogyakarta yaitu media berisikan cover, pengenalan tokoh, dan isi cerita komik kimia. Berdasarkan hasil penelitian media edukasi komik kimia berbasis kearifan lokal Yogyakarta menurut empat guru kimia SMA/MA memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 84,05%, sedangkan respon yang dihasilkan menurut lima belas responden yang merupakan masyarakat Yogyakarta dengan rentang usia 15-30 tahun memberikan respon baik dengan persentase keidealan sebesar 94,95% terhadao komik edukasi kimia berbasis kearifan lokal Yogyakarta “KEMBAR”.