Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia Dengan Bahan Alam Untuk Siswa SMA/MA Kelas X

Abstract

Pembelajaran kurikulum 2013 menekankan pada pendekatan saintifik dengan pembelajaran yang mendorong peserta didik agar lebih mampu dalam mengamati, menanya, mencoba atau mengumpulkan data, mengasosiasi atau menalar, dan mengomunikasikan. Salah satu cara pencapaian kompetensinya yaitu melalui kegiatan praktikum. Tetapi kegiatan praktikum belum sepenuhnya dapat dilaksanakan di sekolah, karena laboratorium yang kurang memadai, tidak terdapat laboran, beberapa alat yang kurang memenuhi secara standar mutu dan jumlah yang terbatas, jam pelajaran yang cukup padat, lebih menekankan pada materi, dan harga bahan-bahan kimia yang terbilang cukup mahal. Hal ini menjadi dasar untuk dirancangnya buku petunjuk praktikum kimia dengan bahan alam untuk SMA/MA kelas X, dengan bahan alam seperti buah dan sayur, sehingga peserta didik bisa melaksanakan praktikum dengan mengganti bahan kimia yang berbahaya dengan bahan alam. Penelitian dikembangankan dengan metode 4-D dengan 4 tahapan yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Produk yang ‎dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing dan peer reviewer untuk ‎diberikan saran perbaikan, kemudian dinilaikan kepada dosen ahli media dan ‎dosen ahli materi sekaligus memberikan saran perbaikan, untuk kemudian dinilaikan ‎oleh guru kimia SMA/MA, dan diresponpesrta didik kelas X. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, buku petunjuk praktikum yang ‎dikembangkan mendapatkan persentase keidealan 89,59% sehingga ‎dikategorikan Sangat Baik (SB). Penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase keidealan 69,4% sehingga dikategorikan Baik (B). Hasil penilaian dari guru kimia mendapatkan persentase ‎keidealan 94,6% sehingga masuk kategori Sangat Baik (SB), dan berdasarkan respon ‎peserta didik kelas X persentase keidealan 92% ‎sehingga masuk kategori Sangat Baik (SB).