MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER

Abstract

Hancurnya nilai-nilai moral, merebaknya ketidakadilan dan tipisnya rasa solidaritas, telah terjadi dalam lembaga pendidikan kita. Kasus-kasus aktual, masih banyak ditemukan seperti halnya siswa yang menyontek di kala sedang menghadapi ujian, bersikap malas, tawuran antara sesama siswa, melakukan pergaulan bebas, terlibat narkoba, dan lain-lain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Dan tujuannya untuk mengetahui manajemen Pendidikan Islam dalam upaya pembentukan karakter. Sumber data primer penelitian ini adalah semua dewan guru di sekolah. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang bersifat induktif. Berdasarkan deskripsi data dan penyajian data dari hasil survey dan wawancara dapat disimpulkan bahawa manajemen Pendidikan Islam dalam upaya pembentukan karakter sesuai dengan makna implisit hadis yang di riwayatkan oleh imam Bukhari sebagai berikut: 1) Manajemen Pendidikan Islam melalui Perinsip Ikhlas, 2) Manajemen Pendidikan Islam melalui Perinsip kejujuran, 3) Manajemen Pendidikan Islam melalui Perinsip Amanah, 4) Manajemen Pendidikan Islam melalui Perinsip adil, 5) Manajemen Pendidikan Islam melalui Perinsip tanggung jawab