PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA ISLAM TERPADU (IT) BOARDING SCHOOL ABU BAKAR YOGYAKARTA
Abstract
Sekolah dengan segala dinamikanya, menuntut siswa mematuhi semua aturan dan kewajiban sekolah, salah satunya adalah belajar dan mengikuti kegiatan akademik dan kegiatan non akademik di sekolah. Selama menuntut ilmu di sekolah. Siswa harus mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh guru sesuai dengan format penugasan dan dalam durasi waktu yang telah ditentukan. Semua tugas yang telah diberikan guru kepada siswa harus dikerjakan dan diselesaikan dengan tepat waktu. Jika siswa mengalami kesulitan untuk melakukan tugas yang telah diamanahkan sesuai batas waktu yang telah ditentukan, sering mengalami keterlambatan dalam mengumpulkan tugas, atau lambat dalam regulasi waktu dalam membuat tugas maka dapat dikatakan sebagai siswa yang melakukan prokrastinasi akademik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan perspektif emik dengan rancangan studi kasus. Dari hasil penelitian perilaku prokrastinasi akademik di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, adapat diambil kesimpulan sebagai berikut: ada empat perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta (1) menunggu hasil pekerjaan teman (menyontek), (2) keterlambatan dalam mengumpulkan tugas, (3) irrational believe merupakan keyakinan bisa mengerjakannya nanti atau lemah dalam regulasi waktu dan, (4) tidak cocok dengan guru mata pelajaran.