PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MI ISLAMIYAH WARENG, BUTUH, PURWOREJO, JAWA TENGAH

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan kinerja guru yang belum memuaskan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya sekolah, dan lingkungan sekolah terhadap kinerja guru di mi islamiyah wareng, butuh, purworejo, jawa tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru-guru MI Islamiyah Wareng Butuh Purworejo Jawa Tengah, yang berjumlah 12 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Kinerja Guru MI Islamiyah Wareng Butuh Purworejo Jawa Tengah, terbukti dari nilai Sig = 0,866 > α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,003 atau hanya berkontribusi sebesar 0,3%. (2) Budaya Sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Guru MI Islamiyah Wareng Butuh Purworejo Jawa Tengah, terbukti dari nilai Sig = 0,01 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,503 atau berkontribusi sebesar 50,3%. (3) Lingkungan Sekolah memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Kinerja Guru MI Islamiyah Wareng Butuh Purworejo Jawa Tengah, terbukti dari nilai Sig = 0,169 > α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,180 atau hanya berkontribusi sebesar 18,0%. (4) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap Kinerja Guru MI Islamiyah Wareng Butuh Purworejo Jawa Tengah, terbukti dari nilai Sig = 0,103 > α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (R2) = 0,519 atau berkontribusi sebesar 51,9%.