PENERAPAN BAURAN PEMASARAN SOSIAL LEMBAGA PENGAJIAN WARIA AL-IKHLAS SURABAYA

Abstract

Studi ini ditulis berdasarkan tesis dengan judul Bauran Pemasaran Sosial Lembaga Pengajian Al-Ikhlas Pada Kaum Waria Muslim Surabaya. Lembaga pengajian waria Al-Ikhlas adalah organisasi dakwah yang memilih untuk berdakwah kepada masyarakat waria di Surabaya. Misi dakwah yang diusung adalah menyadarkan kaum waria agar berperilaku sesuai kodratnya sebagai lakilaki. Agar kaum waria bersedia merubah pikiran dan kesadaran untuk merubah perilaku mereka. Lembaga pengajian Al-Ikhlas berusaha mengadakan berbagai upaya dan program yang sesuai dengan prinsip-prinsip bauran pemasaran sosial. Studi ini mengungkap penerapan bauran pemasaran sosial yang meliputi product, price, place dan promotion dari lembaga pengajian waria Al-Ikhlas. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Terdapat empat hal temuan dalam studi ini. Pertama, pengurus menetapkan produk sosial berupa keyakinan pada agama dan kampanye agar kembali kepada kodrat lelaki. Kedua, perumusan harganya, menekankan pada harga yang terjangkau agar dapat diakses oleh target adopter. Ketiga, penetapan place menggunakan zero level channel berupa komunikasi langsung kepada target adopter, serta menerapkan konsep two step flow model berupa merekrut para leader kelompok waria tertentu. Keempat, strategi promotion menggunakan tiga pola, yakni menggunakan media massa untuk publikasi, ikatan kelompok para waria, dan terakhir menggunakan ajakan personal secara langsung.