POSITIONING SAREKAT ISLAM (SI) PADA MASA PERGERAKAN NASIONAL (1912-1917)

Abstract

Sarekat Islam (SI) adalah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang sosial dan dakwah yang memiliki positioning unik dibandingkan organisasi lain sehingga mampu merekrut anggota paling banyak pada masa pergerakan nasional. Studi ini bermaksud menjabarkan konsep positioning Sarekat Islam saat rekrutmen anggota pada pergerakannya dalam bidang sosial dan dakwah. Pendekatan studi ini adalah kualitatif kepustakaan, dengan menggunakan metode dokumentasi untuk mendapatkan data. Rujukan utama adalah buku berjudul Sarekat Islam: Gerakan Ratu Adil yang ditulis oleh A.P.E Korver yang didukung rujukan selainnya. Untuk menguji kredibelitas data yang didapat, digunakan metode triangulasi sumber. Variabel penelitian dirumuskan berdasarkan teori yang digunakan, mulai dari identifikasi keunggulan kompetitif, keunggulan kompetitif yang ditetapkan sebagai dasar perumusan positioning menurut konsep positioning Philip Kotler, brand value, jenis strategi positioning, serta pernyataan positioning. Hasilnya menunjukkan bahwa SI memiliki keunggulan kompetitif mulai dari struktur keorganisasian, ketokohan, media, visi dan kemudian memilih visi-misi sebagai dasar perumusan positioning. SI juga memiliki brand value sebagai organisasi yang memperjuangkan nasib kelas bawah dan organisasi berbasis Islam. Jenis strategi positioning Sarekat Islam dapat dikatakan sebagai strategi positioning berdasarkan target pasar, benefit, dan pesaing. Terakhir Sarekat Islam juga memiliki pernyataan positioning yang kuat dengan menggunakan semboyan-semboyan yang dikampanyekan.