PENYUSUNAN DESAIN INSTRUKSIONAL PADA PELATIHAN ANGGOTA REMAJA MASJID ASSALAFIYAH SURABAYA

Abstract

Pelatihan bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan keterampilan,pengetahuan, dan sikap kerja tertentu pada sumber daya manusia agar bisamenjalankan program dengan baik. Berdasarkan evaluasi pelaksanaan programpenerimaan zakat Remaja Masjid (Remas) Assalafiyah, ditemukan berbagaipersoalan terkait pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja anggota dalampelayanan penerimaan zakat. Studi ini bertujuan untuk menyusun desaininstruksional pada pelatihan organisasi Remas Assalafiyah dalam pelayananpenerimaan zakat. Data dikumpulkan secara kualitatif dan analisis dipandu denganteori instructional design Raymond A Noe. Hasil studi adalah desain instruksionalpelatihan anggota Remas Assalafiyah yang bertujuan agar anggota memahami danmampu melayani penerimaan zakat dengan sikap ramah, sopan, danbertanggungjawab. Pemateri idealnya adalah ketua Remas Assalafiyah. Materipelatihan di antaranya: wawasan tentang kriteria orang yang wajib membayarzakat, jenis-jenis zakat, cara perhitungan nisab masing-masing zakat, doa niatmembayar zakat untuk diri sendiri maupun ketika diwakilkan, doa menerima zakat,serta tata cara penulisan pada kuitansi. Metode pelatihannya adalah instruksi kelas,simulasi, dan praktikum. Implementasi pelatihan diawali pertemuan pengantar danpetemuan lanjutan secara intensif. Evaluasi pelatihan dilakukan dengan metode tesdan menganalisis kualitas kinerja lewat observasi pada proses simulasi penerimaandana zakat.