VISUALISASI “RAMADAN” DALAM KOMIK DAKWAH FACEBOOK THE MUSLIM SHOW TAHUN 2019

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguraikan penggambaran “Ramadan” yang mengacu pada kategori tanda menurut Peirce, yakni ikon, indeks, dan simbol pada komik dakwah bertema bulan Ramadan yang dipublikasi oleh akun Facebook The Muslim Show tahun 2019. The Muslim Show adalah komikus yang hasil karyanya telah menjangkau banyak negara, pesan-pesan dakwah dalam simbol semiotika komik yang digunakannya telah berhasil menjangkau umat Islam secara luas. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis delapan komik yang diunggah akun facebook The Muslim Show pada bulan April-Mei 2019. Semiotika visual menjadi alat analisis dalam mendeskripsikan makna dan tanda/simbol yang digunakan. Hasil studi ini menunjukkan: (1) Ramadan adalah bulan yang dinanti umat muslim dengan suka cita juga dapat membangun emosi positif, bermanfaat untuk mengubur kebiasaan buruk, dan perlu keimanan yang kuat untuk menempuhnya, serta banyak tantangan fisik dan psikis yang menyertai baik dalam kehidupan sehari-hari maupun ketika ibadah. (2) Penggunaan simbol terhadap barang-barang yang sering digunakan orang-orang pada zaman ini, serta warna sebagai indeks menjadikan komik ini secara universal dapat dipahami oleh khalayak di manca negara.