Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Gerak SMAS St. Petrus Kewapante.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelalajan kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas satu siklus dengan dua kali pertemuan. Data berupa hasil tes dan observasi akan dianalisis untuk mengetahui tingkat kesuksesan peserta didik Nilai hasil pretes yang diberikan, memperoleh rata-rata 52,25, sedangkan nilai posttes yang diberikan pada akhir pertemuan kedua memperoleh rat-rata 90,5. Nilai keaktifan peserta didik dilihat dari data hasil observasi yang diamati pada saat pelajaran yakni pada pertemuan pertama dengan pertemuan kedua. Dari hasil pengamatan peneliti pada pertemuan pertama memperoleh nilai rata-rata 62,6, pada pertemuan kedua meningkat menjadi 86,65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAS St. Petrus Kewapante.